Aceh Utara, 16 November 2021

Oleh             : Wahyuni
CGP              : Angkatan 4 Aceh Utara
Fasilitator      : Bapak Hariyanto
Pengajar Praktik : Bapak Riyandi Marisa

 TUGAS MODUL 1.2.a.9

 KONEKSI ANTAR MATERI NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK




1. Apa yang anda pahami mengenai nilai dan peran guru penggerak.

Nilai dan peran guru Penggerak merupakan sinergi yang dapat mewujudkan profil pancasila sebagai pedoman tema besar kebijakan pendidikan saat ini. (Merdeka Belajar. Mendikbud 2020)


Nilai guru Penggerak


Mandiri


Bertanggung jawab dalam mengembangkan diri dan orang lain, serta berani memunculkan gagasan untuk perubahan yang baik.


KOLABORATIF


Membentuk team work dalam bekerja dengan kepala sekolah, guru dandan stakeholder lainnya guna terwujudnya merdeka belajar.


Reflektif


Senantiasa semangat belajar dan mengevaluasi setiap kegiatan yang telah dilakukan guna meningkatkan kualitas diri dan pengembangan peserta didik


INOVATIF

Memiliki gagasan untuk mengembangkan peserta didik dengan penegtahuan, ketrampilan dan pengalaman.


BERPIHAK PADA MURID


Peran Guru Penggerak :


Memimpin Pembelajaran,

menuntun siswa belajar menyenangkan dengan memanfaatkan IT dan Lingkungan.


Mendorong kolaborasi


Berkolaborasi dengan guru dalam mengembangkan kurikulum , membuat modul bahan ajar dan merancang pembelajaran menyenangkan.


Menjadi coach bagi guru lain.


Aktif mengikuti pelatihan menjadi coach dan memberi pengimbasan kepada rekan sejawat

 

Menggerakkan komunitas praktisi


Aktif dalam kegiatan guru belajar dan berbagi, MGMP, instansi lain atau sekolah kemudian mengimbaskan nya kepada rekan sejawat


Mewujudkan kepemimpinan murid


Membantu murid untuk mandiri dalam belajar memunculkan motivasi dan mendidik karakter murid di sekolah.

2. Adakah keterkaitan antara nilai dan peran guru penggerak adalah dengan filosofis ki hajar dewantara.

Jawab :

Keterkaitan antara nilai dan peran guru penggerak dengan filosofis KHD, yaitu :

1. Dalam nilai guru penggerak Berpihak pada anak dengan peran sebagai pemimpin pembelajaran, dan menurut KHD  Tujuan Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara yaitu menuntun segala kodrat anak , agar mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

2.    Peran guru penggerak mewujudkan kepemimpinan murid, dan di dalam semboyan ki hajar dewantara ada Tut Wuri handayani, guru memiliki peran sebagai pendorong atau pendukung dalam perkembangan murid.

3.  Dalam nilai guru penggerak ada mandiri, inovatif, kolaboratif dalam filosofis KHD mewujudkan pofil pelajar Pancasila.


3. Apa strategi yang bisa lakukan untuk mencapai nilai sebagai GP meningkatkan kompetensi diri

Semangat belajar hal yang baru

Menambah wawasan literasi digital

Influencer Pendidikan melalui media sosial

Merubah minset

Mandiri melatih diri dengan IT

Berkolaborasi dengan semua stakeholder

Mandiri dan memiliki inovasi untuk perubahan yang baik

Selalu merefleksi diri

 

4. Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut.

Dinas Pendidikan : Penawaran Terhadap program

Kepala Sekolah : Penanggung jawab dan evaluasi terhadap program

Rekan Guru sejawat : Mendukung dan berperan aktif dalam menjalankan program

Komite sekolah : Mendukung program sekolah

 

Komentar