Nama : Wahyuni
CGP : Angkatan 4 Aceh Utara.
Fasilitator : Hariyanto, S.Pd.Mpd
Pengajar Praktik : Riandi Marisa, M.Pd
Pembelajaran
berdiferensiasi merupakan sebuah usaha atau keputusan yang dibuat oleh guru
dalam memetakan kebutuhan belajar siswa. Cara saya melakukan praktik
pembelajaran berdiferensiasi secara lebih efektif di kelas dengan menggunakan 3
aspek dasar dalam diferensisasi yaitu pemetaan siswa berdasarkan : Kesiapan
belajar Murid, Minat Murid, dan profil belajar murid. Dari pemetaan tersebut
saya menggunakan pendekatan secara saintifik dengan model Discovery.
Dalam hal ini
saya harus bersikap positif walaupun banyak tantangan dalam penerapan
pembelajaran. Tantangan utama yang saya alami adalah kekurang dalam diri saya
untuk memetakan kebutuhan murid dalam belajar, dan tantangan kedua yang saya
hadapai adalah tidak ada rasa ingin tahu dari murid untuk belajar. Dari dua hal
ini saya senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri dalam mengajar, dengan menggunakan strategi
konten diferensiasi yang sesuai dengan kebutuhan murid saya, disisi lain saya juga
memahami lebih lanjut terkait strategi diferensiasi proses dalam pembelajaran. sehingga murid saya yang tidak memiliki
semangat belajar menjadi tertarik untuk belajar bahasa Inggris. Saya memberikan
kebebasan kepada peserta didik dengan memberikan tugas yang bervariasi kepada murid.
(Strategi diferensiasi produk)
Dari apa yang
sudah saya pelajari materi yang dapat menjadi solusi bagi permasalah yang
terkait dengan pembelajaran di kelas adalah strategi diferensiasi, baik itu
konten, proses maupun produk. Pada strategi ini saya menggunakan media
pembelajaran yang sesuai kebutuhan murid, apakah secara visual, auditori atau
kinestetik. Keberagaman dalam konten dan
proses juga akan menghasilkan keberagaman dalam produk, sehingga murid tidak harus
mengumpulkan tugas dengan cara yang sama akan tetapi sesuai dengan kemampuannya.
Ya saya mengalami
kesulitan dalam menerapkan. Hal ini karena saya belum memahami dengan baik model
pembelajaran berdiferensiasi. Namun masih besar arapan saya untuk mendapatkan bimbimgan
lebih lanjut dari Bapak fasilitator atau pun Instruktur yang akan membimbing
saya pada elaborasi pemahaman.
Dukungan yang
saya perlukan adalah mendapatkan bimbingan lebih lanjut terkait pemahaman
pembelajaran berdiferensiasi
Komentar
Posting Komentar