Nama : Wahyuni

CGP : Angkatan 4 Aceh Utara.

Fasilitator : Hariyanto, S.Pd.Mpd

Pengajar Praktik : Riandi Marisa, M.Pd

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan sebuah usaha atau keputusan yang dibuat oleh guru dalam memetakan kebutuhan belajar siswa. Cara saya melakukan praktik pembelajaran berdiferensiasi secara lebih efektif di kelas dengan menggunakan 3 aspek dasar dalam diferensisasi yaitu pemetaan siswa berdasarkan : Kesiapan belajar Murid, Minat Murid, dan profil belajar murid. Dari pemetaan tersebut saya menggunakan pendekatan secara saintifik dengan model Discovery.

Dalam hal ini saya harus bersikap positif walaupun banyak tantangan dalam penerapan pembelajaran. Tantangan utama yang saya alami adalah kekurang dalam diri saya untuk memetakan kebutuhan murid dalam belajar, dan tantangan kedua yang saya hadapai adalah tidak ada rasa ingin tahu dari murid untuk belajar. Dari dua hal ini saya senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri  dalam mengajar, dengan menggunakan strategi konten diferensiasi  yang sesuai dengan  kebutuhan murid saya, disisi lain saya juga memahami lebih lanjut terkait strategi diferensiasi proses dalam pembelajaran.  sehingga murid saya yang tidak memiliki semangat belajar menjadi tertarik untuk belajar bahasa Inggris. Saya memberikan kebebasan kepada peserta didik dengan memberikan tugas yang bervariasi kepada murid. (Strategi diferensiasi produk)

Dari apa yang sudah saya pelajari materi yang dapat menjadi solusi bagi permasalah yang terkait dengan pembelajaran di kelas adalah strategi diferensiasi, baik itu konten, proses maupun produk. Pada strategi ini saya menggunakan media pembelajaran yang sesuai kebutuhan murid, apakah secara visual, auditori atau kinestetik.  Keberagaman dalam konten dan proses juga akan menghasilkan keberagaman dalam produk, sehingga murid tidak harus mengumpulkan tugas dengan cara yang sama akan tetapi sesuai dengan kemampuannya.

Ya saya mengalami kesulitan dalam menerapkan. Hal ini karena saya belum memahami dengan baik model pembelajaran berdiferensiasi. Namun masih besar arapan saya untuk mendapatkan bimbimgan lebih lanjut dari Bapak fasilitator atau pun Instruktur yang akan membimbing saya pada elaborasi pemahaman.

Dukungan yang saya perlukan adalah mendapatkan bimbingan lebih lanjut terkait pemahaman pembelajaran berdiferensiasi

Komentar